Monday, November 23, 2009

Bahasa Arab 1 : Pengenalan Ilmu Nahwu dan Shorof

Di dalam bahasa arab, ada istilah yang disebut dengan nahwu dan shorof.

Yang dimaksud dengan ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari kaedah-kaedah mengenai perubahan keadaan suatu kata, dimana biasanya perubahan ini bisa berupa harokat akhir suatu kata atau bentuk akhir dari suatu kata.

Contoh Perubahan harokat akhir suatu kata :
جَاءَ رَجُلٌ Seorang laki-laki datang

رَأَيْتُ رَجُلاً Aku melihat seorang laki-laki

مَرَرْتُ بِرَجُلٍ Aku bertemu dengan seorang laki-laki

Dari contoh di atas, terlihat perubahan harokat akhir huruf ر dimana perubahan ini tergantung dari susunan atau keadaan kata pada kalimat.


Contoh perubahan bentuk akhir suatu kata:

جَاءَ الْمُسْلِمُوْنَ Para kaum muslimin datang

رَأَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ Aku melihat para kaum muslimin

مَرَرْتُ بِالْكَافِرَيْنِ Aku berpapasan dengan 2 orang kafir



Dari contoh di atas, terjadi perubahan bentuk الْمُسْلِمُوْنَ menjadi الْمُسْلِمِيْنَ , yang disebabkan susunan atau letak dari kata tersebut di dalam kalimat. Sehingga ilmu yang mempelajari perubahan harokat akhir suatu kata atau bentuk akhir kata inilah yang disebut dengan ilmu nahwu.

Adapun yang dimaksud dengan ilmu shorof adalah ilmu yang mempelajari kaedah-kaedah perubahan kata, dimana dengan berubahnya kata menjadikan perubahan pada artinya.

Contoh :
نَصَرَ Telah menolong (kata kerja)

يَنْصُرُ Sedang menolong (kata kerja)

نَاصِرٌ Orang yang menolong (Subjek)

مَنْصُوْرٌ Orang yang ditolong (Objek)

Dari contoh di atas, terlihat perbedaan dari ilmu nahwu dan ilmu shorof, jika kita ringkas maka ilmu nahwu adalah ilmu mengenai suatu kata ketika telah masuk kalimat bisa berupa keadaan kata sebagai subjek, objek dll, adapun ilmu shorof adalah ilmu mengenai suatu kata sebelum masuk kalimat yang meliputi perubahan bentuk katanya.
Dalam group ini, kita akan mencoba menerangkan tentang kedua ilmu tersebut secara berkesinambungan dan juga dengan pembahasan yang mudah dipahami. Semoga dengan adanya group ini, kecintaan kita kepada islam terkhusus kepada al-qur’an menjadi lebih bertambah serta menjadi motivasi untuk lebih memperdalam agama islam.

Referensi tambahan bisa melihat pada situs
http://badar.muslim.or.id/dasar/bahasa-arab-dasar-1-nahwu-shorof.html

0 comments: